Senin, 11 Februari 2013

Proses Propolis

Anda bisa mengetahui apa itu propolis pada postingan saya sebelumnya, untuk kali ini saya akan membahas bagaimana sih proses propolis itu terjadi?

Lebah madu adalah makhluk yang seumur hidupnya konsisten dan teratur serta selalu fokus. Bagaimana proses propolis pun terjadi adalah sebuah rutinitas yang dilakukan lebah. Lebah biasanya mencari getah yang muncul dengan sendirinya dari kulit pohon, bukan getah yang sengaja di paksa keluar. Tapi yang betul-betul keluar dengan alami dari pohon. Lebah melakukan kegiatan ini pada siang hari dimana matahari sangat terik, kenapa? karena lebah selalu mencari getah-getahan yang keluar dari ranting-ranting pohon atau pucuk-pucuk pohon, bukan dari batang atau dahan pohon. Saat matahari terik ranting-ranting ini mudah kering, hingga lebah bisa mematahkannya dengan mudah.


Dalam proses propolis ini, setelah lebah mengumpulkan getah-getahan atau wax ini dianggap cukup bagi lebah, lebah membawanya dengan kakinya. Disini salah satu keajaiban proses propolis yang dilakukan lebah. Apapun yang dibawa oleh kaki lebah bisa membuatnya menjadi steril. Apa yang membuat kaki lebah bisa mensterilkan apapun yang dibawanya, masih menjadi penelitian para ilmuwan sampe saat ini. Proses propolis di kaki lebah yang menjadi awal pensterilan inilah yang membuat kenapa propolis anti bakteri dan jamur.

Proses propolis berikutnya yang dilakukan oleh lebah, lebah menelan getah-getahan atau wax yang dibawanya dan dalam perut lebah terjadi proses alami yang bercampur dengan enzim yang belum diketahui namanya hingga sekarang ini. Nah, proses propolis dalam perut lebah inilah yang membuat akhirnya propolis menjadi anti virus. Itulah yang membuat kandungan propolis begitu luar biasa hingga proses propolis yang luar biasa ini yang menjadi penelitian bahkan misteri ajaib di dunia lebah.

Memang dalam proses propolis, lebah mengambil getah-getahan ini hampir ke semua pohon, tapi propolis terbaik berdasarkan penelitian adalah propolis yang diambil oleh lebah dari pohon poplar. Dan propolis yang terbaik di dunia berada di hutan amazon, Brazil. Selain propolisnya teruji di alam, karena memang di hutan itu memiliki berbagai macam binatang yang menakutkan dan berbahaya, juga baik bakteri, jamur dan virusnya pun tidak kalah banyaknya. Jadi sangat diwajarkan jika propolis terbaik muncul disana.

Kembali ke proses propolis. Lebah menggunakan liur nya untuk menambal sarangnya, melindungi ruangan sarangnya, bahkan menjadi senjata jika ada binatang yang masuk ke dalam sarangnya. Oleh karena itu juga propolis bisa juga disebut air liur lebah.

Propolis ini mudah sekali mengeras, bahkan keras seperti lilin disarang lebah. Oleh karena itu untuk mengolah propolis menjadi cairan tidaklah mudah. Ada beberapa cara untuk mengolah proses propolis menjadi cair. Salah satunya dengan mencampur propolis dengan alkohol, atau di ekstrak dengan bahan lain.
Tapi khasiat dan manfaat propolis jelas sekali jadi berubah. Pengolahan pun menentukan baik-buruknya kualitas propolis. Pengolahan terbaik adalah dengan mengatur tinggi rendah suhu atau dengan sistem pemanasan. Propolis yang tidak dicampur dengan apapun itulah proses propolis terbaik. Otomatis menjadi
obat dan suplemen terbaik bagi manusia.

3 komentar:

  1. Selamat pagi dok, saya anto. saya termasuk orang yang rajin mengkonsumsi propolis dan madu sebagai ikhtiar saya untuk menjaga kesehatan. apakah dokter bisa menjabarkan dosis yang tepat dalam penggunaan propolis baik untuk orang sehat maupun untuk orang sakit?terima kasih banyak dok

    BalasHapus
  2. Salam Dok.
    Jika saya larutkan propolis dengan VCO, berapakah nisbah yang paling sesuai. Terimakasih

    BalasHapus